Survei: Mahfud MD capres idola nahdliyin

hasil survei pw ikatan sarjana nahdlatul ulama jawa timur (jatim) bersama lembaga survei suprimasi melaporkan mantan ketua mk mahfud md menjadi calon presiden idola bagi nahdliyin jatim.

kami bertanya terhadap 1.238 responden dan dipilih secara proporsional melalui metode terbuka, oleh karenanya tercatat 26 calon presiden dan disodorkan responden, tutur wakil sekretaris isnu jatim faza dhora nailufar, selama surabaya, minggu.

didampingi wakil ketua pw isnu jatim imam syafii, dhora dan juga kepala laboratorium ilmu politik universitas brawijaya malang menunjukan hasil survei menunjukkan banyak lima nama yang mencari dukungan lebih daripada tiga persen.

mahfud md 21,08 persen, jokowi 12,76 persen, prabowo 11,15 persen, dahlan iskan 6,7 persen, juga arb 5,33 persen, sedangkan nama lain selama bawah tiga persen, di antaranya jusuf kalla, anas urbaningrum, mohammad nuh, ahmad dani, saifullah yusuf, juga sebagainya, katanya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, hasil survei itu mau diserahkan isnu pada pwnu jatim juga pbnu. ibaratnya, manakala nu dalam ini membeli suara langit serta istikhoroh dalam pemilihan kepala daerah, isnu melengkapi melalui suara bumi serta survei, katanya.

ditanya alasan nama mahfud md menduduki posisi teratas selama kelompok masyarakat nahdliyin, ia menyatakan alasan responden umumnya menyebut mahfud md sebagai sosok yang tegas dan objektif di bertindak, meski ada pilihan bagian yang menentangnya.

alasan dan terekam merupakan 36 persen ketegasan, 31 persen bersih dan jujur, 15 persen pengalaman pada pemerintahan, empat persen merupakan kader nu, juga 14 persen supaya alasan lain.

yang baik, arb tidak ditekuni sama pilihan selama sidoarjo. bisa saja hal tersebut akibat lumpur lapindo, tapi yang menarik merupakan ada penduduk nu yang tidak terkena dampak lumpur lapindo dalam porong, sidoarjo, tapi mereka mempunyai solidaritas dan tinggi kepada korban lumpur, katanya.

meski ditanya mengenai figur capres, ujarnya, beberapa nahliyin bekerja sama dengan dengan menggandengkan melalui figur lain, selama antaranya 29 dari 261 responden yang mencari mahfud md menggandengkan dengan figur lain dibuat cawapres.

sebanyak 20 daripada 83 responden dan memilih dahlan iskan memasangkannya melalui figur lain, seperti jokowi serta mahfud md, sedangkan 20 dari 158 responden yang memilih jokowi serta memasangkan melalui figur lain, ujarnya.

untuk peta tujuan pemilih/responden, ia menyampaikan mayoritas daripada 38 kabupaten/kota pada jatim bekerja sama dengan mahfud md, namun mayoritas dukungan untuk mahfud md daripada pemilih banyuwangi, sedangkan mayoritas pemilih jokowi ada di lumajang, pasuruan, juga pamekasan. agar arb, mayoritas pendukung daripada pasuruan dan jember.