Sekjen PBB sambut kesepakatan Serbia-Kosovo

sekretaris jenderal perserikatan bangsa bangsa ban ki-moon pada jumat menyambut kesepakatan antara serbia dan kosovo, juga mempunyai santunan badan dunia tersebut supaya membantu penerapannya.

sekjen menyambut baik kesepakatan berguna diantara beograd dan pristina dan diparaf hari ini pada brussels, selama bawah naungan perwakilan uni eropa agar urusan luar negeri serta kebijakan keamanan, catherine ashton, tutur pernyataan dan dikeluarkan dengan juru bicara ban yang dilansir xinhua.

serbia serta kosovo selama jumat mencapai kesepakatan bersejarah untuk menormalkan hubungan mereka setelah pembahasan yang difasilitasi uni eropa dalam brussels, belgia.

kosovo, Satu provinsi serbia, secara sepihak memproklamasikan kemerdekaan dalam tahun 2008. tapi, serbia menolak mengakui sebagai Satu negara yang merdeka.

Informasi Lainnya:

uni eropa mengaturnya untuk persyaratan awal terhadap masukan uni eropa atas serbia bahwa negara tersebut harus menormalkan hubungan dengan tetangganya, khususnya kosovo.

sekjen mengucapkan selamat serta memuji kaum pemimpin daripada kedua pihak untuk penentuan itu serta mengharapkan bahwa perjanjian tersebut ingin membawa waktu depan yang cerah dan stabilitas abadi pada wilayah itu, papar pernyataan tersebut.

sekjen sangat mendorong kaum bagian supaya menuntaskan proses bersejarah ini dan mengikuti langkah-langkah konkret supaya setia menyelesaikan perjanjian, papar pernyataan tersebut.

pbb siap untuk membantu kaum bagian di upaya tersebut.