Legislator: desentralisasi pencetakan soal UN perlu dipertimbangkan

wakil ketua komisi x syamsul bachri berpendapat kiranya pemerintah usah mempertimbangkan supaya mengerjakan desentralisasi pencetakan soal ujian nasional dalam pelaksanaan dan mau datang.

dari kejadian keterlambatan penyelesaian dan pendistribusian naskah soal sudah ada indikasi kiranya sentralisasi pengadaan soal un tidak bisa dilakukan. dengan itulah, aku pikir perlu desentralisasi. serahkan terhadap percetakan daerah tapi diawasi melalui ketat oleh semua pihak, ujarnya selama jakarta, kamis.

menurut dia, beberapa pemerintah daerah telah menyampaikan sanggup supaya menggarap pencetakan soal un agar sekolah-sekolah pada wilayahnya tiap-tiap.

mereka memiliki perusahaan percetakan dan memadai. maka, ini sesungguhnya soal kepercayaan juga pengawasan saja, ujarnya.

Informasi Lainnya:

sementara itu, lanjutnya, substansi materi dan mau diujikan bisa disiapkan oleh pemerintah pusat, yakni dengan kementerian pendidikan serta kebudayaan.

hal itu, menurut syamsul, malahan mampu menekan biaya distribusi soal dan memudahkan proses pendistribusian.

ini sisi positifnya daripada desentralisasi, melalui dicetak selama daerah, maka proses pengirimannya lebih segeralah karena jaraknya dekat melalui tempat ujian anak-anak sekolah, katanya.

sebelumnya, tim kunker komisi x dpr meninjau langsung pelaksanaan un tingkat sma yang diundur, juga un smp dalam sulawesi selatan.

pada kesempatan tersebut, tim yang dipimpin wakil ketua komisi x syamsul bachri baru menjumpai semua kendala teknis pada pelaksanaan un.

misalnya, dalam sma frater makassar, bagian sekolah terpaksa mesti menambah sendiri persediaan lembar Jalan keluar oleh karenanya terjadi perbedaan standar dalam bahan kertas soal dan lembar langkah awal un.