Kutai Timur gandeng Sulbar kembangkan kakao

kepala dinas perkebunan kabupaten kutai timur kaltim ir h achmadi baharuddin menyampaikan, kutai timur tengah menjajaki kerjasama dengan menggandeng pemkab polewali mandar (polman) sulawesi barat (sulbar) agar web pengembangan perkebunan kakao.

kepala dinas perkebunan kabupaten kutai timur ir h acmhad baharuddin, melalui kepala jenis produksi, h kasiyanto, ditemui pada ruang kerjanya, senin mengajarkan, mulai 2013 dijajaki sebuah keselaran pengembangan kakao melalui kabupaten polewai mandar (polman) sulbar.

sebagai cara awal keselaran tersebut, kutai timur mencari serta menggunakan bibit kakao unggul sebanyak 108 ribu pohon supaya dikembangkan di dua kecamatan di kutai timur, ujarnya.

sebanyak 108 ribu bibit kakao itu akan dikembangkan selama dua kecamatan yaitu karangan 54 ribu pohon juga kecamatan karangan dan 54 pohon bibit. dua kecamatan itu akan adalah percobaan bibit unggul bidang sulawesi-1.

Informasi Lainnya:

kemudian agar memesan 108 ribu bibit unggul dari polewali mandar (polman) pemkab kutai timur dengan dinas perkebunan telah menganggarkan dana sebesar rp1.296 miliar dengan dana apbd ii murni tahun anggaran 2013.

bibit unggul tersebut, berdasarkan h kasiyanto, rata-rata berusia 2 bulan melalui system sambung samping serta hanya pada kurun waktu 16 bulan telah berbuah alias produksi.

pengembangan kakao unggul melalui system sambung samping adalah unggulan sulawesi selatan sejak pilihan tahun juga sudah berhasil dikembangkan dengan petani setempat dengan hasil yang sangat lur biasa.

jika usia kakao biasa mulai berbuah dalam umur 5 tahun, sedangkan kakao sambung samping ini sudah di usia 16 bulan telah mulai produksi.

kita memilih bibit daripada polman sebab beberapa alasan, yaitu selama ini produksi kakaonya lumayan sukses serta tahan kepada serangan hama. lalu daripada segi transportasi lebih dekat daripada pulau jawa juga sumatera.

kerjasama nanti ingin dilakukan melalui saling tukar info tergolong latihan serta magang masing-masing petani dengan kelompok-kelompok, ujarnya.

pengembangan kakao sambung samping hendak kita genjot selama kutai timur dengan selalu mendapatkan bibit kakao unggul dari polman, yang berumur umur 2-3 bulan yang siap tanam.