Kominfo luncurkan layanan perizinan spektrum daring

kementerian komunikasi dan informatika meluncurkan layanan perizinan spektrum dengan daring (internet) serta e-licensing.

layanan ini juga bisa menekan tingkat ketidakpastian (perizinan frekuensi radio) karena banyak transparansi serta partisipasi penduduk, papar menteri komunikasi juga informatika tifatul sembiring dalam jakarta, rabu.

tifatul menungkapkan, pemohon perizinan spektrum mampu tahu serta menelusuri proses perizinan tergolong uang lisensi atau pun pengusutan apabila terjadi penyelewengan perizinan melalui layanan sistem info manajemen sumber daya dan perangkat pos juga informatika (sims) tersebut.

layanan ini memungkinkan pemohon izin supaya mengajukan perizinan frekuensi radio ke ditjen sumber daya juga perangkat pos dan informatika (sdppi) tidak harus berhadapan melalui para petugas, kata direktur jenderal sdppi kominfo, budi setiawan.

Informasi Lainnya:

budi menungkapkan aplikasi sims berbasis komputasi awan tersebut mau mendukung peningkatan pendapatan negara bukan pajak (pnbp) dari uang hak penggunaan izin stasiun radio (bhp-isr) juga sertifikasi perangkat pos serta informatika, disamping memutus rantai birokrasi dan masa proses perizinan.

pnbp total kementerian komunikasi juga informatika di 2012 mencapai lebih dari rp11,584 triliun dengan pnbp daripada lisensi spektrum radio mencapai sekitar rp9,4 triliun. sistem daftar juga perizinan spektrum online itu adalah pengembangan dari sistem automated frequency management system (afms) generasi pertama juga generasi kedua.