Survei: elektabilitas Bima Arya masuk tiga besar

survei pertama untuk pilkada kota bogor 2013 yang dilaksanakan lembaga smart-pol menempatkan ketua dpp partai amanat nasional bima arya pada tiga besar pada tingkat elektabilitas atau keterpilihan.

dia (bima arya) meraih 6,47 persen, dan masuk tiga besar di tingkat elektabilitasnya, sesudah wakil wali kota bogor ahmad ru`yat dan penyanyi syahrul gunawan, tutur direktur riset smart-pol syahril ilhami pada bogor, jawa barat, jumat sore.

smart-pol merupakan lembaga survei dan bergerak selama jenis survei, marketing serta politik, dalam mana penelitinya sebagian sulit merupakan mahasiswa pascasarjana institut pertanian bogor.

didampingi direktur politik auhadillah, ketika memaparkan hasil survei pra-pilkada kota bogor 2013--2018, ia menunjukan kiranya selama rangka menyambut proses demokratisasi dan berlangsung pada kota bogor itu, dengan demikian smart-pol mengerjakan survei pra-pilkada dan dilakukan selama 22-27 maret 2013.

ia menunjukan kiranya teknik pengambilan sample mencari probability sampling (multi-stage random sampling.

jumlah responden sebanyak 458 pihak dari enam kecamatan serta 20 kelurahan se-kota bogor dan dilakukan kepada warga dari tingkat studi tidak sekolah dan tidak tamat sd hingga sarjana.

Lainnya: cincin pasangan murah - cincin tunangan murah - cincin kawin murah - cincin pasangan murah

pekerjaan responden mulai dari petani/nelayan/buruh/tukang/pedagang hingga pelajar/mahasiswa, ibu properti tangga, pegawai serta profesional. sementara status ekonomi diambil daripada seluruh strata, mulai kelas bawah, menengah serta atas.

syahril ilhami mengajarkan kiranya tokoh yang disurvei meliputi 59 nama, yang didapatkan berdasarkan Informasi juga input daripada umum, tokoh partai, birokrat, public figur juga sumber info lainnya.

menurut dia, banyak tiga kategori dan dipilih, yakni popularitas, akseptabilitas (penerimaan/kesukaan) juga elektabilitas.

berdasarkan elektabilitas, dengan begini posisi tiga besar dari 15 nama dan angkanya 1 persen ke atas, dengan begini urutannya pertama ditempati wakil wali kota achmad ru`yat (11,69 persen), kedua syahrul gunawan (9,95 persen) serta bima arya (6,47 persen.

popularitas artis

sementara itu, agar kategori popularitas, dan dikerucutkan dulu di posisi 15 besar, kelompok masyarakat penyanyi menempati posisi teratas.

posisi tiga sulit ditempati masing-masing dengan syahrul gunawan (58,46 persen), paranormal ki gendeng pamungkas (43,28 persen), juga ahmad ru`yat (37,81 persen).

untuk tingkat akseptabilitas, posisinya merupakan syahrul gunawan (30,10 persen), ahmad ru`yat (22,30 persen) serta ki gendeng pamungkas (14,43 persen).

direktur politik smart-pol auhadillah menambahkan kiranya mereka sudah siap menerima konsekuensi bahwa survei itu mau ditanggapi beragam, baik oleh penduduk maupun bakal calon dan akan berkembang.

itu risiko sebuah survei, sehingga manakala dituduh ada pesanan pun, kami siap. tapi, kami melakukannya dengan standar survei yang mampu dipertanggungjawabkan, ujarnya.