Harga minyak turun setelah proyeksi permintaan OPEC datar

harga minyak mentah berkurang selama jumat (sabtu pagi wib), karena kekhawatiran permintaan global baru setelah opec mempertahankan proyeksi 2013 tak berubah dan melaporkan peningkatan produksi dalam april.

kontrak utama new york, minyak mentah light sweet ataupun west texas intermediate (wti) agar pengiriman juni, ditutup dalam 96,04 dolar as per barel, atau turun 35 sen dari penutupan kamis.

di perdagangan london, minyak mentah brent north sea untuk pengiriman juni menetap 56 sen lebih rendah pada 103,91 dolar as per barel.

kontrak berjangka wti merosot lebih daripada tiga dolar as sebelum mundur kembali di akhir sesi perdagangan.

Informasi Lainnya:

robert yawger daripada mizuho securities usa menyatakan kiranya pedagang tampaknya menyadari kerugian yang kuat pada awal perdagangan itu berlebihan serta tidak ingin dibiarkan tekor menjelang akhir pekan.

harga minyak dan berada pada bawah tekanan sesudah kartel minyak opec tak meningkatkan perkiraan permintaan global juga selalu memperingatkan tentang risiko penurunan pada perekonomian, kata john kilduff daripada again capital.

organisasi negara-negara pengekspor minyak, di laporannya agar april, memperkirakan total permintaan minyak rata-rata 89,7 juta barel per hari, naik 0,8 juta barel per hari daripada 2012, tak berubah daripada proyeksinya pada maret.

sebuah pemulihan dan rapuh di ekonomi global sudah terlihat sejak awal tahun, namun momentumnya telah mulai melambat dulu serta risiko pertumbuhan miring ke pihak penurunannya, papar kartel, yang menyumbang kurang lebih 35 persen produksi minyak mentah global.

dikatakan bahwa untuk china, sumber utama pertumbuhan global, data terakhir menunjukkan kiranya permintaan minyak sudah turun secara signifikan antara januari juga maret, dengan maret menunjukkan tingkat paling lamban pada tujuh bulan.

ini bisa saja memperlihatkan pelemahan dalam kegiatan ekonomi china, sebab data pertumbuhan ekonomi kuartal pertama datang di bawah konsensus 7,7 persen, opec mencatat.

laporan ini dan memperkirakan bahwa di april angka produksi minyak mentah harian opec naik 0,9 persen dari maret.